Al-Tamimi Kesmas: Jurnal Ilmu Kesehatan Masyarakat (Journal of Public Health Sciences)
Vol 13 No 2 (2024): Al-Tamimi Kesmas: Jurnal Ilmu Kesehatan Masyarakat (Journal of Public Health Sci

HUBUNGAN MARKETING MIX DENGAN LOYALITAS PASIEN RAWAT JALAN DI RSPI PROF DR SULIANTI SAROSO

Okky Octavianti (Unknown)
Sarah Geltri Harahap (Unknown)
Ludovikus (Unknown)
Tiara Zakiyah (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Jan 2025

Abstract

Pendahuluan: Munculnya banyak rumah sakit di Indonesia semakin menimbulkan persaingan antar rumah sakit terutama dalam bidang pelayanan kesehatan. Dalam hal ini perlu mengimplementasikan suatu strategi pemasaran yaitu komponen utama bauran pemasaran seperti (produk, harga, tempat promosi, orang, proses dan bukti fisik). Tujuan: untuk mengetahui Hubungan antara Marketing Mix dengan Loyalitas Pasien Rawat Jalan di RSPI Prof Dr. Sulianti Saroso. Metode Penelitian: kuantitatif dengan pendekatan cross sectional study. Populasi: seluruh pasien rawat jalan dengan sampel 100 responden dengan Teknik pengambilan sampel purposive sampling. Hasil: ada hubungan pada dimensi produk (p value =0.001), dimensi harga (p value =0.040), dimensi tempat (p value= 0.001), dimensi promosi (p value = 0,020) dan tidak terdapat hubungan pada dimensi orang (p value = 1.000), dimensi proses (p value = 1.000), dan dimensi bukti fisik (p value = 1.000). Kesimpulan: terdapat hubungan antara marketing mix produk, harga, tempat dan promosi, serta tidak terdapat hubungan antara marketing mix dengan orang, proses, dan bukti fisik. Pendahuluan: Munculnya banyak rumah sakit di Indonesia semakin menimbulkan persaingan antar rumah sakit terutama dalam bidang pelayanan kesehatan. Dalam hal ini perlu mengimplementasikan suatu strategi pemasaran yaitu komponen utama bauran pemasaran seperti (produk, harga, tempat promosi, orang, proses dan bukti fisik). Tujuan: untuk mengetahui Hubungan antara Marketing Mix dengan Loyalitas Pasien Rawat Jalan di RSPI Prof Dr. Sulianti Saroso. Metode Penelitian: kuantitatif dengan pendekatan cross sectional study. Populasi: seluruh pasien rawat jalan dengan sampel 100 responden dengan Teknik pengambilan sampel purposive sampling. Hasil: ada hubungan pada dimensi produk (p value =0.001), dimensi harga (p value =0.040), dimensi tempat (p value= 0.001), dimensi promosi (p value = 0,020) dan tidak terdapat hubungan pada dimensi orang (p value = 1.000), dimensi proses (p value = 1.000), dan dimensi bukti fisik (p value = 1.000). Kesimpulan: terdapat hubungan antara marketing mix produk, harga, tempat dan promosi, serta tidak terdapat hubungan antara marketing mix dengan orang, proses, dan bukti fisik.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

kesmas

Publisher

Subject

Public Health

Description

Al Tamimi Kesmas: Jurnal Ilmu Kesehatan Masyarakat (Journal of Public Health Sciences) STIKes Al-Insyirah Pekanbaru teregistrasi dengan nomor ISSN: 2338-2147. Jurnal ini memuat artikel kesehatan terutama lingkup kesehatan masyarakat (Promosi Kesehatan, Kesehatan Keselamatan Kerja, Epidemiologi, ...