Pendahuluan: Munculnya banyak rumah sakit di Indonesia semakin menimbulkan persaingan antar rumah sakit terutama dalam bidang pelayanan kesehatan. Dalam hal ini perlu mengimplementasikan suatu strategi pemasaran yaitu komponen utama bauran pemasaran seperti (produk, harga, tempat promosi, orang, proses dan bukti fisik). Tujuan: untuk mengetahui Hubungan antara Marketing Mix dengan Loyalitas Pasien Rawat Jalan di RSPI Prof Dr. Sulianti Saroso. Metode Penelitian: kuantitatif dengan pendekatan cross sectional study. Populasi: seluruh pasien rawat jalan dengan sampel 100 responden dengan Teknik pengambilan sampel purposive sampling. Hasil: ada hubungan pada dimensi produk (p value =0.001), dimensi harga (p value =0.040), dimensi tempat (p value= 0.001), dimensi promosi (p value = 0,020) dan tidak terdapat hubungan pada dimensi orang (p value = 1.000), dimensi proses (p value = 1.000), dan dimensi bukti fisik (p value = 1.000). Kesimpulan: terdapat hubungan antara marketing mix produk, harga, tempat dan promosi, serta tidak terdapat hubungan antara marketing mix dengan orang, proses, dan bukti fisik. Pendahuluan: Munculnya banyak rumah sakit di Indonesia semakin menimbulkan persaingan antar rumah sakit terutama dalam bidang pelayanan kesehatan. Dalam hal ini perlu mengimplementasikan suatu strategi pemasaran yaitu komponen utama bauran pemasaran seperti (produk, harga, tempat promosi, orang, proses dan bukti fisik). Tujuan: untuk mengetahui Hubungan antara Marketing Mix dengan Loyalitas Pasien Rawat Jalan di RSPI Prof Dr. Sulianti Saroso. Metode Penelitian: kuantitatif dengan pendekatan cross sectional study. Populasi: seluruh pasien rawat jalan dengan sampel 100 responden dengan Teknik pengambilan sampel purposive sampling. Hasil: ada hubungan pada dimensi produk (p value =0.001), dimensi harga (p value =0.040), dimensi tempat (p value= 0.001), dimensi promosi (p value = 0,020) dan tidak terdapat hubungan pada dimensi orang (p value = 1.000), dimensi proses (p value = 1.000), dan dimensi bukti fisik (p value = 1.000). Kesimpulan: terdapat hubungan antara marketing mix produk, harga, tempat dan promosi, serta tidak terdapat hubungan antara marketing mix dengan orang, proses, dan bukti fisik.
Copyrights © 2024