Jurnal Intelek Insan Cendikia
Vol. 2 No. 2 (2025): Februari 2025

Motivasi Kewirausahaan melalui Pelatihan Mochi Daifuku di Kelas X dan XI SMKI NURUL HAYAT Cipayung Bogor

Arin Khairunnisa (Universitas Ibn Khaldun Bogor)
Ade Nailul Huda (Universitas Ibn Khaldun Bogor)
Naila Binta Azizah (Universitas Ibn Khaldun Bogor)
Runi Andanari (Universitas Ibn Khaldun Bogor)
Fitri Yanti (Universitas Ibn Khaldun Bogor)



Article Info

Publish Date
03 Feb 2025

Abstract

Dalam era globalisasi, kemampuan sumber daya manusia (SDM) yang unggul dan terampil menjadi salah satu kebutuhan utama untuk menghadapi persaingan dunia kerja maupun usaha. Salah satu cara untuk meningkatkan kompetensi siswa adalah dengan memberikan motivasi dan pelatihan praktis yang relevan, bermanfaat, dan mendukung potensi mereka. Motivasi berwirausaha dapat diartikan sebagai perhatian, kesenangan, dan kemauan seseorang untuk menjalankan kegiatan usaha secara mandiri berdasarkan kemampuan, kekuatan, dan keterampilan yang dimilikinya. Sasaran pada kegiatan ini yaitu siswa dan siswi kelas X dan XI SMKI Nurul Hayat Cipayung Bogor. Tujuan pelatihan ini untuk meningkatkan motivasi kewirausahaan siswa melalui metode demonstrasi pelatihan mochi daifuku. Metode yang digunakan adalah Studi literatur. Metode pengumpulan data dan informasi dengan menelaah berbagai sumber sumber yang relevan. Pelatihan ini diharapkan meningkatkan pemahaman siswa tentang kewirausahaan dan potensi mereka dalam mengembangkan usaha sendiri. Hasil pelatihan yang dilaksanakan, peserta dapat memahami dan termotivasi untuk berwirausaha serta telah mampu mengembangkan keterampilan dalam membuat mochi daifuku.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jiic

Publisher

Subject

Religion Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Jurnal Intelek Insan Cendikia (JIIC) adalah jurnal MULTI DISIPLIN ILMU. Jurnal ini menerima artikel ilmiah dari seluruh bidang ilmu, seperti : keagamaan, pendidikan, ekonomi, sosial, kesehatan, hukum, manajemen, dan seluruh bidang keilmuan ...