Tujuan penelitian ini adalah Untuk mendeskripsikan pemahaman konsep fisika peserta didik sebelum menggunakan model pembelajaran TGT berbantuan soft Ware Make It True pada peserta didik Kelas XI IPA SMAN 13 Makassar, Untuk mendeskripsikan pemahaman konsep fisika peserta didik setelah diajar menggunakan model pembelajaran TGT berbantuan soft Ware Make It True pada peserta didik Kelas XI IPA SMAN 13 Makassar. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan menggunakan desain penelitian yaitu One Group Pre-Test Post-Test Design. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Teknik pengolahan data dan analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif, analisis statistik inferensial. Hasil penelitian deskriptif menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil belajar peserta didik pada Pre-test sebesar 34,71 berada pada kategori sangat rendah, sedangkan untuk nilai post-test diperoleh nilai rerata sebesar 50,15 berada pada kategori rendah. Berdasarkan hasil analisis non-parametrik menggunakan uji Mann-Whitney yang menunjukkan nilai taraf signifikan yaitu nilai Asymp. Sig (2-tailed) menunjukkan angka 0,000. Nilai Asymp. Sig (2-tailed) lebih kecil dari taraf signifikan 0,05 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Hal ini menunjukkan bahwa Terdapat Perbedaan pemahaman konsep penggunaan Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Berbantuan Aplikasi Soft Ware Make It True.
Copyrights © 2025