JURNAL PROFESI KEGURUAN
Vol 2, No 1 (2016): JPK, Jurnal Profesi Keguruan

Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA dengan Menggunakan Metode Examples Non Examples Di Kelas VIIh SMP 5 Kudus Semester II Tahun Pelajaran 2014 / 2015

Purwanto, Agus ( SMP N 5 Kudus)



Article Info

Publish Date
05 Jun 2016

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA dengan menggunakan Metode Examples Non Examples. Subjek yang diteliti adalah siswa SMP 5 Kudus kelas VII H tahun pelajaran 2014/2015 dalam kenyataannya masih mengalami kesulitan berkaitan dengan pemahaman konsep IPA. Kesulitan tersebut salah satunya disebabkan oleh kurangnya aktivitas siswa dalam mengikuti pembelajaran. Daya serap siswa belum mencapai KKM yang ditetapkan sekolah, yaitu 76. Atas dasar masalah ini, penelitian tindakan kelas ini dilakukan. Dengan mengambil metode pembelajaran Examples Non Examples diharapkan aktivitas belajar anak meningkat dan hasil belajar siswa menjadi lebih baik, paling tidak dapat mencapai nilai KKM. Ternyata hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas siswa sekaligus hasil belajar siswa. Pada prasiklus nilai rata-rata siswa hanya 75 meningkat menjadi 76 pada siklus I dan meningkat lagi menjadi 78 pada siklus II. Jika dihitung dalam persentase ketuntasan belajar diperoleh hasil 62,5% prasiklus, 68% siklus I, dan 84% siklus II.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

jpk

Publisher

Subject

Education

Description

The Jurnal Profesi Keguruan is scientific publication works in the education world by teachers, professors, and the society. Scientific papers published in this journal is an article the results of research or innovative and progressive ideas in the field of formal education. The article can be a ...