Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA dengan menggunakan Metode Examples Non Examples. Subjek yang diteliti adalah siswa SMP 5 Kudus kelas VII H tahun pelajaran 2014/2015 dalam kenyataannya masih mengalami kesulitan berkaitan dengan pemahaman konsep IPA. Kesulitan tersebut salah satunya disebabkan oleh kurangnya aktivitas siswa dalam mengikuti pembelajaran. Daya serap siswa belum mencapai KKM yang ditetapkan sekolah, yaitu 76. Atas dasar masalah ini, penelitian tindakan kelas ini dilakukan. Dengan mengambil metode pembelajaran Examples Non Examples diharapkan aktivitas belajar anak meningkat dan hasil belajar siswa menjadi lebih baik, paling tidak dapat mencapai nilai KKM. Ternyata hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas siswa sekaligus hasil belajar siswa. Pada prasiklus nilai rata-rata siswa hanya 75 meningkat menjadi 76 pada siklus I dan meningkat lagi menjadi 78 pada siklus II. Jika dihitung dalam persentase ketuntasan belajar diperoleh hasil 62,5% prasiklus, 68% siklus I, dan 84% siklus II.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2016