Pendidikan karakter merupakan aspek penting dalam pembentukan generasi berkualitas. Penelitian ini berfokus pada Pelaksanaan Pendidikan Karakter di Satit Phatnawitya School. Studi ini bertujuan untuk menggambarkanmimplementasi pendidikan karakter dalam kegiatan intrakurikuler, ekstrakurikuler, dan kokurikuler. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Validitas diuji dengan triangulasi sumber, teknik, dan waktu, kemudian dianalisis melalui reduksi data, penyajian deskriptif, serta verifikasi kesimpulan. Hasilnya menunjukkan bahwa pendidikan karakter di sekolah tersebut mencakup tiga aspek: moral, spiritual, dan intelektual yang perlu dimiliki oleh siswa untuk mencapai insan kamil (manusia ideal) dengan keseimbangan dalam kehidupan dunia dan akhirat, yang berlandaskan pada ajaran Al-Qur’an dan Hadis sebagai sumber utama, sambil tetap memperhatikan tradisi keilmuan Islam yang ada. Pendidikan karakter di Satit Pahtnawitya School dirancang sesuai tingkat kelas (Kelas Rendah: ketauhidan, etika, kejujuran; Kelas Menengah: pengendalian diri, empati, toleransi; Kelas Atas: kepemimpinan, pengambilan keputusan, tanggung jawab sosial). Program ekstrakurikuler dan kokurikuler seperti kegiatan keagamaan, studi lapangan, kegiatan sosial dan penguatan bahasa inggris menjadi kegiatan pendukung pendidikan karakter di luar jam pelajaran inti. Guru berperan penting sebagai panutan dan pengarah dalam mengajarkan siswa untuk mengenali nilai-nilai karakter dan mengimplementasikannya dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pendekatan pendidikan karakter di Satit Phatnawitya School dapat menawarkan solusi terhadap permasalahan sosial dan moral di lingkup pendidikan. Diharapkan hasil penelitian ini dapat menjadi acuan bagi lembaga pendidikan lainnya dalam melaksanakan program pendidikan karakter yang sesuai dan efisien.
Copyrights © 2025