Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh ekstrakurikuler olahraga terhadap pembentukan karakter siswa di SMP Darul Ilmi Banyuwangi. Menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain survei deskriptif, penelitian ini melibatkan 84 siswa populasi dengan 22 siswa kelas VII-A putra sebagai responden. Data dikumpulkan melalui angket yang terdiri dari 31 item terkait ekstrakurikuler olahraga dan 31 item terkait karakter siswa, yang diukur dengan skala Likert. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar siswa (70,6%) terlibat aktif dalam kegiatan ekstrakurikuler olahraga, dengan rata-rata skor 102 yang tergolong tinggi. Karakter siswa juga menunjukkan hasil yang positif, dengan rata-rata skor 99, mengindikasikan bahwa banyak siswa memiliki karakter yang baik. Analisis korelasi Pearson menunjukkan hubungan yang kuat (r = 0,78) dan signifikan (p = 0,001) antara keterlibatan dalam ekstrakurikuler olahraga dan pembentukan karakter siswa. Temuan ini sejalan dengan teori yang menyatakan bahwa olahraga dapat membentuk nilai-nilai moral seperti disiplin, tanggung jawab, kerja sama, dan sportivitas. Meskipun sebagian besar siswa menunjukkan karakter positif, tantangan seperti keterbatasan fasilitas, motivasi individu yang rendah, dan pengelolaan program yang kurang optimal masih menjadi hambatan. Oleh karena itu, penelitian ini menyarankan peningkatan variasi kegiatan olahraga, pelatihan bagi guru pembimbing, dan dukungan fasilitas yang lebih baik untuk meningkatkan efektivitas program ekstrakurikuler olahraga dalam pembentukan karakter siswa.
Copyrights © 2025