Pendidikan Islam di Indonesia, khususnya pada jenjang madrasah, memiliki peran penting dalam membentuk karakter siswa yang moderat, toleran, dan siap menghadapi tantangan globalisasi. Salah satu lembaga pendidikan yang menerapkan nilai-nilai moderasi Islam dalam pembelajaran adalah MTs.N 7 Padang. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji implementasi nilai-nilai moderasi Islam dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di MTs.N 7 Padang, serta dampaknya terhadap perkembangan karakter siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi nilai moderasi Islam di MTs.N 7 Padang dilakukan melalui integrasi materi pembelajaran yang mengedepankan toleransi, keadilan, dan keseimbangan, serta penerapan metode pengajaran yang interaktif dan berbasis teknologi. Dampak terhadap karakter siswa terlihat dalam peningkatan sikap toleran, empatik, inklusif, dan kemampuan berpikir kritis. Meskipun terdapat beberapa tantangan, seperti pengaruh media sosial dan perbedaan pemahaman siswa, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pendekatan berbasis moderasi Islam dapat efektif dalam membentuk karakter siswa yang adaptif dan siap menghadapi globalisasi. Kata Kunci: Nilai Moderasi Islam, Pendidikan Agama Islam, Era Globalisasi.
Copyrights © 2025