ProBisnis : Jurnal Manajemen
Vol. 15 No. 6 (2024): December: Management Science

Pengaruh ROA, ROI, Dan EPS terhadap Nilai Perusahaan Pada PT. Cheoron Pokphand Indonesia

Permana, Yogi (Unknown)
Intani, Marcela (Unknown)
Putri, Destiana (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Return on Assets (ROA), Return on Investment (ROI), dan Earnings Per Share (EPS) terhadap nilai perusahaan pada PT. Charoen Pokphand Indonesia (CPIN). Menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif, penelitian ini memanfaatkan data panel yang mencakup laporan keuangan tahunan hingga Juni 2024, dengan variabel bebas ROA, ROI, dan EPS, serta nilai perusahaan yang diukur melalui Price to Book Value (PBV). Hasil penelitian menunjukkan bahwa ROA, ROI, dan EPS memiliki pengaruh signifikan terhadap kinerja perusahaan. ROA sebesar 2,17% mencerminkan efisiensi moderat dalam pengelolaan aset, sementara ROI meningkat dari 3,37% menjadi 4,14%, menunjukkan peningkatan efisiensi dalam penggunaan aset. EPS mengalami kenaikan signifikan sebesar 29,4%, menunjukkan pertumbuhan laba yang lebih besar per saham. Peningkatan ROI dan EPS berpotensi meningkatkan kepercayaan investor, yang pada gilirannya dapat memperkuat posisi perusahaan di pasar. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pengelolaan aset yang lebih efisien dan peningkatan laba per saham menjadi kunci dalam meningkatkan daya tarik perusahaan di pasar saham. CPIN disarankan untuk terus meningkatkan pengelolaan aset dan investasi, serta memanfaatkan teknologi digital untuk memperkuat efisiensi operasional dan daya saing perusahaan di pasar domestik dan global.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

ProBisnis

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Industrial & Manufacturing Engineering Social Sciences

Description

ProBisnis: The Management Journal was previously published in print, then in 2020 it was changed to online. This journal has ISSN: 2086-7654( Print) and ISSN: 2808-7240(Online). The scope of this journal is Economics, Management, Marketing, Strategic Management, Entrepreneurship, Leadership ...