Ebers Papyrus
Vol. 30 No. 2 (2024): EBERS PAPYRUS

HUBUNGAN KESEHATAN MENTAL DENGAN HASIL BELAJAR MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS TARUMANAGARA ANGKATAN 2022

Alam, Nanda Syah (Unknown)
Evi (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2025

Abstract

Kesehatan mental merupakan suatu kondisi emosional dan psikologis yang baik, dimana tiap individu dapat memanfaatkan kemampuan kognisi maupun emosi dan mampu memenuhi kebutuhan hidupnya sehari- hari. Kesehatan mental memiliki pengaruh terhadap kegiatan belajar mahasiswa kedokteran, penurunan kesehatan mental dapat berdampak pada hasil belajar yang ditunjukan dalam bentuk Indeks Prestasi Mahasiswa (IPK). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh tingkat kesehatan mental terhadap prestasi belajar mahasiswa kedokteran angkatan 2022 di Universitas Tarumanagara. Penelitian ini menggunakan desain analitik observasional dengan pendekatan potong lintang. Data penelitian kemudian diolah menggunakan teknik quota sampling. Hasil dari 176 responden yang diteliti, 93 di antaranya memiliki IPK yang baik dan kesehatan mental yang baik, sementara 5 mahasiswa memiliki IPK kurang baik dan kesehatan mental yang buruk. Hasil dari uji Chi-Square tidak ditemukan pengaruh yang signifikan (p > 0.05) antara kesehatan mental dan IPK pada mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara Angkatan 2022.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

ebers_papyrus

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Health Professions Immunology & microbiology Medicine & Pharmacology Public Health

Description

Jurnal Ebers Papyrus adalah jurnal kedokteran dan kesehatan yang dikaji oleh pakar yang ahli dalam bidangnya. Ebers Papyrus berfokus meningkatkan wasasan dan pengetahuan ilmu kedokteran dasar, kedokteran klinis dan kedokteran komunitas dengan pendekatan Evidence-Based Medicine berupa artikel asli, ...