Ciencias : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan
Vol. 8 No. 1 (2025): Januari

Sejarah Perkembangan SMP Negeri 15 Kota Kupang Tahun 2014-2023 Di Kelurahan Manulai 2 Kecamatan Alak Provinsi Nusa Tenggara Timur: Indonesia

Tuy, Mirna Kornalia (Unknown)
Sabu, Omiano (Unknown)
Banu, Reky L. (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2025

Abstract

Perlu dilakukan penelitian mengenai Sejarah Perkembangan SMP Negeri 15 Kota Kupang Tahun 1999-2023 Di Kelurahan Manulai 2 Kecamatan Alak Kabupaten Kupang Provinsi Nusa Tenggara Timur untuk mengetahui Sejarah didirikannya SMP Negeri 15 Kota Kupang, mengetahui perkembangan pendidikan SMP Negeri 15 Kota Kupang serta untuk mengetahui perubahan dan perkembangan kurikulum terhadap jalannya sistem pendidikan di SMP Negeri 15 Kota Kupang. Penelitian dilakukan di SMP Negeri 15 Kota Kupang Kelurahan Manulai 2, Kecamatan Alak. Yang dijadikan informan adalah Kepala Sekolah, Guru-Guru dan Siswa. Dalam Penelitian ini terdapat dua sumber data yang dipakai yaitu sumber data primer, dan sumber data sekunder. Teknik Pengumpulan Data adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis Data secara deskriptif kualitatif. Latar belakang berdirinya sekolah ini yakni mempermudah jangkauan kebutuhan masyarakat didaerah sekitar terkhususnya wilayah Batuplat, Manulai I dan manulai II. Lokasi berdirinya SMPN 15 ini diberikan langsung oleh Masyarakat Kelurahan Manulai II. Sekolah ini didirikan pada tanggal 27 Juli 1999 dan mulai aktif pada tahun 2000. Perkembangan pendidikan di SMP N 15 mengalami Peningkatan dari tahun ke tahun, dilihat dari data yang diperoleh jumlah siswa selalu mengalami kenaikan, tenaga kependidikan yang rata-rata sudah berstatus ASN dengan kualifikasi pendidikan yang sesuai serta keberhasilan pembelajaran yang dinyatakan dengan tingkat kelulusan mencapai taraf tertinggi yaitu 100%. Perubahan dan Perkembangan kurikulum berdampak baik bagi siswa- siswi SMPN 15 Kota Kupang yakni pelajar bisa belajar dengan mengikuti perkembangan zaman yang semakin maju serta didukung oleh kepala sekolah, guru, tenaga pengajar, peserta didik bahkan lembaga itu sendiri.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

ciencias

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Ciencias : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan ini mempublikasikan hasil-hasil penelitian yang mencakup penelitian eksperimen, penelitian tindakan, penelitian kualitatif, penelitian kuantitatif, dan penelitian pengembangan (model, media, dan evaluasi pembelajaran) yang bertujuan untuk ...