Jurnal Neraca: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Ekonomi Akuntansi
Vol. 8 No. 2 (2024): Jurnal Neraca: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Ekonomi Akuntansi

Penyampaian Media dan Karakteristik Perusahaan Terhadap Pengungkapan CSR di Indonesia

Dwirini, Dwirini (Unknown)
Subekti, Rini (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2024

Abstract

Studi ini menemukan bahwa banyak perusahaan di Indonesia telah menerapkan Corporate Social Responsibility (CSR) untuk menjangkau dan memberikan manfaat bagi masyarakat. Perusahaan yang tidak melakukan CSR berisiko menunjukkan citra yang buruk secara sosial dan lingkungan. Karena pelanggaran mereka terhadap peraturan, perusahaan juga akan berurusan dengan hukum. Berdasarkan standar peraturan pengungkapan yang berlaku, pengungkapan tanggungjawab sosial (CSR) adalah penyediaan informasi yang dibutuhkan oleh perusahaan yang sudah melaksanakan tanggung jawab sosialnya, yang bermanfaat bagi operasi bisnis dan kegiatan produksi mereka. Studi ini menyelidiki 30 perusahaan yang bergerak di aneka industri dan terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama 5 tahun berturut-turut dari 2018 hingga 2022. Metode pengambilan sampel purposive digunakan. Software SmartPLS 4 digunakan untuk menganalisis data partial least square (PLS). Menurut penelitian ini, penyampaian media dan return on sales ratio meningkatkan pengungkapan CSR. Variabel lainnya ukuran perusahaan (size), Debt to EBITDA, dan fitur perusahaan tidak berpengaruh signifikan terhadap pengungkapan CSR.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

neraca

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences Other

Description

Jurnal Neraca: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Ekonomi Akuntansi was first printed in Juni 2017 with register number ISSN 2580-2690 (Print), 2615-3025 (Online) and published bay study program education accounting FKIP University PGRI of Palembang. Journal of Neraca include the results of the qualitative ...