Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif yang bertujuan untuk menganalisis pengaruh motivasi belajar (X1), disiplin diri (X2), dan pengelolaan waktu (X3) terhadap Gaya hidup digital (Y) pada mahasiswa di Universitas Royal. Data dikumpulkan dari mahasiswa semester 1, semester 3, semester 5, dan semester 7 dengan total sebanyak 101 responden menggunakan observasi, kuesioner, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas responden adalah perempuan (67,6%), dengan rentang semester terbanyak adalah mahasiswa semester 5 (48,6%). Analisis data menggunakan Structural Equation Modeling-Partial Least Squares (SEM-PLS) menunjukkan bahwa variabel motivasi belajar tidak berpengaruh terhadap gaya hidup digital bagi mahasiswa Universitas Royal, sedangkan disiplin diri dan pengelolaan waktu memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap gaya hidup digital mahasiswa Universitas Royal. Kata kunci: disiplin; digital; gaya hidup; pengelolaan waktu
Copyrights © 2025