JOURNAL OF SCIENCE AND SOCIAL RESEARCH
Vol 8, No 1 (2025): February 2025

THE IMPACT OF CONVERSATION-BASED LEARNING ON SECOND SEMESTER STUDENTS’ PERFORMANCE

Maulana, Cecep (Unknown)
Syahputra, Bambang Panca (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Jan 2025

Abstract

Studi ini menyelidiki dampak pembelajaran berbasis percakapan terhadap kinerja mahasiswa semester kedua di kelas SI 2 K di Royal University selama tahun akademik 2023/2024. Penelitian ini berfokus pada tiga keterampilan bahasa utama: akurasi, kelancaran, dan pemahaman. Data dikumpulkan melalui penilaian yang mengevaluasi kinerja mahasiswa di area ini sebelum dan sesudah penerapan kegiatan pembelajaran berbasis percakapan. Hasil pra-tes menunjukkan bahwa mahasiswa memperoleh skor rata-rata 55,00 dalam akurasi, 49,00 dalam kelancaran, dan 49,00 dalam pemahaman. Setelah pembelajaran berbasis percakapan diperkenalkan, hasil pasca-tes menunjukkan peningkatan yang signifikan: skor akurasi meningkat menjadi 86,00, kelancaran menjadi 87,00, dan pemahaman menjadi 88,00. Temuan ini menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis percakapan secara efektif meningkatkan perkembangan linguistik mahasiswa, yang mengarah pada peningkatan keterampilan berbicara dan penguasaan bahasa secara keseluruhan. Penelitian ini menyoroti pentingnya mengintegrasikan metodologi tersebut ke dalam pendidikan bahasa untuk mendorong partisipasi aktif dan kinerja yang lebih baik di antara mahasiswa. Kata kunci: pembelajaran berbasis percakapan; semester dua; kinerja mahasiswa

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JSSR

Publisher

Subject

Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

Journal of Science and Social Research is accepts research works from academicians in their respective expertise of studies. Journal of Science and Social Research is platform to disclose the research abilities and promote quality and excellence of young researchers and experienced thoughts towards ...