Media pembelajaran bahasa inggris diperlukan untuk era pembelajaran berdiferensiasi untuk mengakomodasi kebutuhan para peserta didik yang mempunyai karakter yang unik yang berbeda dari masing-masing individu. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran bahasa inggris untuk sekolah dasar dengan fokus pembelajaran berdiferensiasi. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Metode pengembangan media menggunakan ADDIE. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peneliti mampu mengembangkan media pembelajaran berbasis pembelajaran berdiferensiasi dengan lima Langkah: (a) analisis- peneliti menganalisis kebutuhan media pembelajaran Bahasa inggris berbasis pembelajaran berdiferensiasi di SDN 2 Mranggen, Demak (b) desain – peneliti mendesain media pembelajaran Bahasa inggris berbasis musik untuk pembelajaran berdiferensiasi (c) development – media pembelajaran yang dikembangkan oleh peneliti divalidasi oleh empat validator (d) implementasi – media pembelajaran Bahasa inggris yang dikembangkan peneliti diimplementasikan di SDN 2 Mranggen (e) evaluasi – media pembelajaran yang dihasilkan oleh peneliti dievaluasi berdasarkan masukan guru SDN 2 Mranggen. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa media pembelajaran Bahasa inggris berbasis musik untuk pembelajaran berdiferensiasi berhasil diterapkan di SDN 2 Mranggen dimana dari penerapan ini terindikasi adanya peningkatan motivasi belajar para peserta didik.
Copyrights © 2024