Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sumber daya pendidikan menjadi faktor penting dalam menjalankan manajemen pendidikan, dengan kontribusinya dalam penyelenggaraan pendidikan dapat menciptakan manusia yang bermutu. Tenaga kependidikan sebagai salah satu sumber daya manusia merupakan tenaga yang memegang peran penting dan strategis terutama dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan, karena tenaga kependidikan kesehariannya secara langsung berinteraksi dengan peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi manajemen pelatihan dan pengembangan serta pribadi tenaga kependidikan. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif merupakan penelitian dengan maksud memahami fenomena yang muncul pada subjek penelitian, seperti perilaku, pandangan, motivasi, dan hal-hal lainnya yang dipaparkan dalam bentuk deskripsi dengan kata-kata dan Bahasa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya peningkatan mutu pendidikan melalui pelaksanaan manajemen tenaga kependidikan adalah melakukan perencanaan dan pengadaan tenaga kependidikan melalui proses rekrutmen dan seleksi, penempatan pendidik dan tenaga kependidikan sesuai kebutuhan, pengembangan melalui pelatihan, pendidikan dan sertifikasi, pengawasan dan penilaian kinerja, serta pemberian kompensasi untuk mempertahankan dan meningkatkan kinerja tenaga kependidikan.
Copyrights © 2024