Jurnal Tahsinia
Vol 5 No 6 (2024): September

PERANAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK USIA DINI

Aminah, Siti (Unknown)
Fatah, Abdul (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2024

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa aspek pengembangan kognitif merupakan kompetensi yang diharapkan pada anak yakni anak mampu dan memiliki kemampuan berfikir secara logis, berfikir kritis, dapat memberi alasan, mampu untuk memusatkan dalam memecahkan masalah yang dihadapi. Potensi kognitif seseorang tercermin dalam kemampuannya menyelesaikan tugas-tugas yang menyangkut pemahaman dan penalaran. Penelitian ini bertujuan untuk peranan guru dalam mengembangkan kemampuan kognitif anak usia dini. Penelitian ini merupakan penelitian deskiptif kualitatif. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisis Miles dan Huberman (reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan). Uji keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Hasil penelitian menunjukan bahwa peningkatan kemampuan kognitif pada anak usia dini penting dilakukan karena berdampak pada cara berpikir di kemudian hari. Peranan guru dalam pembelajaran disekolah pada anak usia dini, memberi dampak kepada para anak usia dini untuk berpikir logis, sistematis. Sehingga perlunya peran guru dalam mengembangkan kognitif anak usia dini disini sangatlah penting karena anak usia dini merupakan tahap pertama dalam mengembangkan kognitif seseorang tersebut.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

ths

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Tahsinia [ISSN (e): 2797-5452 | ISSN (p): 2685-2047] adalah media untuk mempublikasikan hasil penelitian yang berkaitan dengan topik ilmu pendidikan yang diterbitkan oleh STIT Rakeyan Santang Karawang. Jurnal ini terbit 2 (dua) kali dalam setahun yaitu April dan Oktober. Jurnal Tahsinia ...