Tujuan penelitian ini adalah: 1) Meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa melalui bahan ajar flipbook berbasis PBL bernuansa budaya Aceh Tenggara yang dikembangkan; 2) Meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa melalui bahan ajar yang serupa; 3) Mengetahui keandalan, kegunaan, dan efektivitas bahan ajar flipbook berbasis PBL bernuansa budaya yang diciptakan untuk membantu mahasiswa menjadi lebih terampil dalam memecahkan masalah dan berpikir kritis; Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggabungkan pembelajaran berbasis PBL dengan paradigma pengembangan ADDIE. Berdasarkan hasil uji coba lapangan, diperoleh hasil sebagai berikut: 1) Peningkatan keterampilan pemecahan masalah melalui bahan ajar flipbook berbasis PBL bernuansa budaya Aceh Tenggara, yang dibuktikan dengan nilai N-gain uji coba lapangan sebesar 0,70 yang termasuk dalam kategori "sedang"; 2) Peningkatan kemampuan berpikir kritis melalui bahan ajar flipbook berbasis PBL bernuansa budaya Aceh Tenggara, dibuktikan dengan nilai N-gain dari uji coba lapangan sebesar 0,67 yang termasuk dalam kategori "sedang"; dan 3) bahan ajar flipbook berbasis budaya Jawa telah berhasil dikembangkan untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang konsep matematika dan motivasi belajar, serta telah memenuhi persyaratan valid, bermanfaat, dan efektif.
Copyrights © 2025