Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ)
Vol. 6 No. 1 (2025): Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ)

Pengaruh Word Of Mouth, Kualitas Layanan Dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Keputusan Menggunakan Tiktok Shop (Studi Kasus Pada Masyarakat Medan Petisah)

Charles Chaniago (Universitas Prima Indonesia)
Seny Wijaya (Universitas Prima Indonesia, Medan)
Tuty Nainggolan (Universitas Prima Indonesia)
Adria Wuri Lastari (Universitas Adiwangsa Jambi, Kota Jambi, Indonesia)



Article Info

Publish Date
24 Jan 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh word of mouth, kualitas layanan, dan kepercayaan konsumen terhadap keputusan masyarakat Medan Petisah dalam menggunakan TikTok Shop. Peluang besar untuk meraih keuntungan mendorong banyak pelaku usaha untuk mengembangkan e-commerce mereka sendiri, yang kemudian meningkatkan tingkat persaingan di pasar digital. Salah satu platform yang terlibat dalam persaingan ini adalah TikTok Shop. Namun, tingginya tingkat kompetisi menyebabkan jumlah pengguna TikTok Shop belum mencapai target yang diharapkan, karena kesulitan dalam bersaing dengan platform e-commerce lainnya. Populasi dalam penelitian ini mencakup seluruh masyarakat Medan Petisah yang menggunakan TikTok Shop, namun jumlah pasti populasi tersebut tidak diketahui. Oleh karena itu, teknik pengambilan sampel yang digunakan mengacu pada rumus Lemeshow, yang memungkinkan peneliti untuk menentukan jumlah sampel ketika ukuran populasi tidak diketahui secara pasti. Teknik sampling yang diterapkan adalah accidental sampling, di mana responden dipilih secara acak untuk dijadikan sampel penelitian. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa word of mouth memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan masyarakat Medan Petisah dalam menggunakan TikTok Shop. Ini berarti rekomendasi dari orang lain, baik melalui percakapan langsung maupun media sosial, dapat meningkatkan keinginan masyarakat untuk menggunakan TikTok Shop. Di sisi lain, kualitas layanan menunjukkan pengaruh negatif dan signifikan terhadap keputusan penggunaan TikTok Shop. Hal ini menunjukkan bahwa pengalaman layanan yang kurang memuaskan mungkin menghambat keputusan masyarakat dalam menggunakan platform ini. Selain itu, kepercayaan konsumen juga memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan penggunaan TikTok Shop. Kepercayaan yang dibangun melalui keamanan transaksi dan kredibilitas penjual menjadi faktor penting dalam mendorong masyarakat Medan Petisah untuk berbelanja melalui platform tersebut. Secara keseluruhan, penelitian ini menyimpulkan bahwa secara simultan, word of mouth, kualitas layanan, dan kepercayaan konsumen memberikan pengaruh signifikan terhadap keputusan masyarakat Medan Petisah dalam menggunakan TikTok Shop.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

msej

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management

Description

Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ) is published by Yayasan Pendidikan Riset dan Pengembangan Intelektual (YRPI) as an information and communication media for practitioners, researchers and academics who are interested in the field of management (Finance, Human Resource, ...