Menciptakan pembelajaran menjadi lebih menarik dan menyenangkan, seorang guru harus bisa memanfaatkan media pembelajaran dengan perangkat digital. Oleh kerena itu, perangkat digital digunakan dalam pembelajaran untuk menunjang keberhasilan guru mengajar. Berdasarkan pengamatan awal TIM PKM di SD Inpres Bontoala I bahwa masih terdapat guru yang tidak bisa menjangkau perangkat digital untuk pembelajaran seperti yang paling sederhana, gawai yang digunakan. Permasalahannya yaitu lebih banyak guru yang tidak bisa mengoperasikannya untuk digunakan sebagai media dalam pembelajaran. Tujuan pelaksanaan PKM ini lebih ditekankan pada pendampingan agar guru lebih memaksimalkan literasi digital dalam pembelajaran. Target Capaian dari pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat ini adalah guru SD Inpres Bontoala I dalam mengintegrasikan literasi digital pada pembelajaran. Pelaksanaan pengabdian masyarakat ini menggunakan metode partisipasi langsung para peserta pendampingan. Adapun langkah-langkah yang dilakukan yaitu observasi awal, perencanaan, persiapan pendampingan, pelaksanaan pendampingan, dan evaluasi. Kegiatan Pendampingan Mengintegrasikan Literasi Digital untuk Pembelajaran bagi guru SD Inpres Bontoala I berhasil terlaksana sesuai rencana. Materi inti disampaikan kepada peserta sesuai jadwal pendampinganselama 3 hari. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat memberikan warna yang baru dalam pembelajaran. Guru mulai berlomba-lomba memanfaatkan perangkat digital untuk pembelajaran. Bukan hanya itu, setiap kegiatan pembelajaran yang dilakukan selalu mengintegrasikan literasi digital sehingga memberikan perubahan dan keberhasilan dari bentuk pembelajaran konvensional menjadi pembelajaran berbasis digital
Copyrights © 2025