Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat
Vol. 5 No. 3 (2024): Volume 5 No. 3 Tahun 2024

PELATIHAN ICE BREAKING DAN KREATIVITAS GURU DI SD

Mufarizuddin Mufarizuddin (Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai)
Muhammad Syahrul Rizal (Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai)
Putri Hana Pebriana (Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai)
Hendri Hendri (Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai)
Jandriadi Jandriadi (Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai)



Article Info

Publish Date
29 Jun 2024

Abstract

Pelatihan ice breaking dan kreativitas guru di Sekolah Dasar (SD) merupakan langkah penting dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran. Ice breaking memiliki peran penting dalam menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, meningkatkan konsentrasi siswa, serta membangun hubungan yang harmonis antara guru dan murid. Kreativitas guru dalam menyampaikan materi juga berpengaruh terhadap minat belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas pelatihan ice breaking dalam meningkatkan kreativitas guru SD. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pelatihan langsung kepada guru-guru SD dengan pendekatan partisipatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah mengikuti pelatihan, guru lebih mampu menciptakan suasana kelas yang interaktif dan menyenangkan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pelatihan ice breaking berkontribusi positif dalam meningkatkan kreativitas guru dan efektivitas pembelajaran di SD.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

cdj

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Health Professions Public Health

Description

ommunity Development Journal : Jurnal Pengabdian masyarakat di terbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) Universitas Pahlawan yang berisikan tentang hasil-hasil kegiatan pengabdian dan pemberdayaan masyarakat berupa penerapan berbagai bidang ilmu diantaranya Kesehatan, ...