Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi faktor-faktor yang memengaruhi retensi tenaga kerja Generasi Z di industri perbankan Indonesia. Bagi sebuah organisasi yang ingin bertahan dan berkembang, penting untuk memenuhi kebutuhan stafnya. Penelitian ini berfokus pada faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan Generasi Z untuk tetap bekerja di sektor perbankan. Agar perusahaan mampu mempertahankan generasi muda, mereka perlu memahami kebutuhan khusus dan motivasi generasi ini. Pendekatan kuantitatif digunakan dalam pengumpulan data dengan menyebarkan kuesioner survei kepada responden. Dari 600 kuesioner yang dibagikan, 385 kuesioner berhasil dikembalikan, menghasilkan tingkat respons sebesar 64 persen dengan metode sampel acak. Sasaran utama studi ini adalah karyawan Bank X di Indonesia yang berasal dari kelompok Generasi Z. Penelitian ini diharapkan dapat menambah wawasan yang ada tentang retensi karyawan serta memberikan panduan bagi organisasi perbankan dalam merancang strategi yang lebih efektif untuk mempertahankan karyawan Generasi Z.Kata kunci: Retensi Karyawan; Generasi Z; Budaya Organisasi; Pelatihan dan Pengembangan; Job-Fit.
Copyrights © 2025