Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia
Vol 11, No 1 (2017): January 2017

KEEFEKTIFAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA

Hardiyanti, Prahasti Cynthia ( Jurusan Kimia FMIPA Universitas Negeri Semarang Gedung D6 Lantai 2 Kampus Sekaran Gunungpati Semarang, 50229, Telp. (024)8508035)
Wardani, Sri ( Jurusan Kimia FMIPA Universitas Negeri Semarang Gedung D6 Lantai 2 Kampus Sekaran Gunungpati Semarang, 50229, Telp. (024)8508035)
Nurhayati, Sri ( Jurusan Kimia FMIPA Universitas Negeri Semarang Gedung D6 Lantai 2 Kampus Sekaran Gunungpati Semarang, 50229, Telp. (024)8508035)



Article Info

Publish Date
13 May 2017

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bertujuan mengetahui keefektifan model problem based learning untuk meningkatkan keterampilan proses sains pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan. Teknik sampling menggunakan cluster random sampling. Desain penelitian menggunakan pretest-posttest control group design. Variabel bebas adalah model problem based learning yang digunakan, sedangkan variabel terikat adalah keterampilan proses sains. Teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi, observasi, tes, dan angket. Analisis data menggunakan uji N-gain dan uji t, sedangkan angket dan lembar observasi dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan proses sains kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol. Hasil uji perbedaan rerata menunjukkan thitungketerampilan proses sains 5,54 lebih besar dari tkritis yaitu 1,66 sehingga keterampilan proses sains siswa kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol. N-gain keterampilan proses sains kelas eksperimen adalah 0,71 pada kategori tinggi dan kelas kontrol adalah 0,52 pada kategori sedang. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran problem based learning efektif meningkatkan keterampilan proses sains siswa kelas XI SMA Negeri di  Semarang.

Copyrights © 2017