Remaja merupakan masa peralihan dari masa kanak-kanak menuju masa dewasa sehingga mengalami banyak perubahan salah satunya pada emosional sehingga dibutuhkannya kecerdasan emosional. Salah satu faktor yang dapat mempengaruhi kecerdasan emosional ialah lingkungan keluarga. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan fungsi afektif keluarga dengan kecerdasan emosional pada remaja di SMA Negeri 1 Limboto. Desain Penelitian survey analitik dengan pendekatan Cross Sectional. Populasi penelitian siswa kelas 10 dan 11 SMA Negeri 1 Limboto. Teknik proporsional random sampling dengan sampel 246 siswa. Menggunakan analisis statistik dengan uji spearman rank. Hasil penelitian menunjukkan sebagian besar responden berada pada kategori fungsi afektif keluarga cukup sebanyak 154 responden (52,6%) dan responden dengan kecerdasan emosional kategori sedang sebanyak 144 responden (58,5%). Hasil uji spearman rank diperoleh nilai signifikansi dengan nilai p=value 0,000 (<0,05). Kesimpulan ada hubungan antara fungsi afektif keluarga dengan kecerdasan emosional pada remaja di SMA Negeri 1 Limboto. Disarankan bagi keluarga terutama orangtua untuk memperkuat fungsi keluarga terutama fungsi afektif dan juga lebih memperhatikan perkembangan kecerdasan emosional remaja.
Copyrights © 2025