JURNAL PENDIDIKAN INDONESIA: Teori, Penelitian, dan Inovasi
Vol 5, No 1 (2025): Jurnal pendidikan Indonesia: Teori, Penelitian, dan Inovasi

Peningkatan Kemampuan Literasi dan Numerasi oleh Mahasiswa Kampus Mengajar Angkatan 7 di SD N Grantung Purworejo

Ayuningtyas, Pratika (Unknown)
Widiyohening, Caecilia Rosma (Unknown)
Prihatini, Fadila Risma (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Jan 2025

Abstract

This study aimed at describe the 7th batch of the Campus Teaching program in enhancing students' literacy and numeracy skills at SDN Grantung, Purworejo. Through a qualitative approach, it was found that students' literacy and numeracy abilities improved after the program implementation. This improvement was driven by the application of various innovative teaching strategies, such as the use of educational games, audio-visual media, and drilling methods. Despite some challenges, including limited resources, the program successfully created a more enjoyable and interactive learning environment. The results of this study indicate that the Campus Teaching program has the potential to significantly enhance the quality of education in rural areas, particularly in terms of literacy and numeracy. It is recommended that similar programs be continuously developed and supported to achieve national education goals.ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan program Kampus Mengajar Angkatan 7 dalam meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi siswa di SD N Grantung, Purworejo. Melalui pendekatan kualitatif, ditemukan peningkatan kemampuan literasi dan numerasi siswa setelah pelaksanaan program. Peningkatan ini didorong oleh penerapan berbagai strategi pembelajaran yang inovatif, seperti penggunaan permainan edukatif dan media audio dan visual yang disertai dengan penggunaan metode drilling. Meskipun terdapat beberapa kendala seperti keterbatasan sarana dan prasarana, program ini berhasil menciptakan lingkungan belajar yang lebih menyenangkan dan interaktif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa program Kampus Mengajar memiliki potensi besar dalam meningkatkan kualitas pendidikan di daerah, khususnya dalam hal literasi dan numerasi. Disarankan agar program serupa terus dikembangkan dan didukung untuk mencapai tujuan pendidikan Nasional.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JPI

Publisher

Subject

Other

Description

Jurnal pendidikan Indonesia: Teori, Penelitian, dan Inovasi adalah jurnal peer-review yang memiliki ISSN (2807-3878) yang diterbitkan oleh Penerbit Widina di bawah Badan Hukum CV. Widina Media Utama sejak tahun 2021. JPI merupakan media terintegrasi untuk komunikasi berkelanjutan terkait dengan ...