Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji taktik yang digunakan unit bisnis Boss Laptop.it Telkom agar tetap bertahan dan bersaing di pasar yang semakin kompetitif. Penelitian ini berupaya mengembangkan rencana bisnis yang sesuai dengan keadaan perusahaan, baik internal maupun eksternal. Metodologi yang digunakan meliputi analisis SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities, Threats), analisis Internal-Eksternal (I-E), dan Matriks Perencanaan Strategi Kuantitatif (Quantitative Strategy Planning Matrix atau QSPM). Berdasarkan hasil penelitian, perusahaan berada dalam tahap pertumbuhan bisnisnya, sehingga rencana yang dikembangkan dipusatkan pada pencegahan penurunan penjualan dan pendapatan. Membangun ikatan yang kuat dengan pelanggan saat ini adalah pendekatan jangka pendek yang diadopsi, menurut studi QSPM, untuk Boss Laptop. Pendekatan ini mungkin bersaing dalam hal biaya, distribusi produk, kualitas, dan pemasaran. Sementara itu, Boss Laptop.it telah menerapkan rencana untuk menurunkan biaya pemeliharaan dan menurunkan kuantitas penjualan merchandise agar dapat berkembang di lingkungan Telkom University. Kesimpulan penelitian ini adalah kemampuan perusahaan untuk bertahan dan berkembang di sektor teknologi yang berkembang pesat bergantung pada kemampuannya menerapkan strategi kompetitif dan defensif yang berfokus pada inovasi, pengalaman pelanggan, dan pemasaran yang efisien.
Copyrights © 2024