Jurnal Pengabdian Masyarakat Ilmu Komputer
Vol. 2 No. 1 (2025): Januari

VIRTUAL TRAINING PELATIHAN CODING UNTUK TENAGA PENDIDIK SD, SMP DAN SMA

Istiqomah, Nalar (Unknown)
Novika, Fanny (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jan 2025

Abstract

Berdasarkan survey yang telah dilakukan Microsoft YouthSpark #WeSpeakCode dari 1850 siswa, coding lebih banyak ingin diketahui siswa sebanyak 91%. Sayangnya, hanya separuhnya siswa yang memiliki kesempatan belajar coding di sekolah, baik sebagai intrakulikuler maupun ekstrakulikuler. Selain itu, tidak banyak guru dan orang tua yang mempunyai kemampuan coding. Pelatihan coding menggunakan Scratch telah berhasil dilaksanakan dengan tujuan memperkenalkan keterampilan dasar coding kepada guru dan orang tua. Aplikasi Scratch dipilih karena mudah digunakan oleh siapa saja tanpa memerlukan pemahaman mendalam tentang bahasa pemrograman. Melalui kegiatan ini, peserta mampu memahami konsep computational thinking yang menjadi dasar dalam pembelajaran coding. Selain itu, mereka juga berhasil membuat flowchart untuk merancang game sederhana menggunakan Scratch. Berdasarkan hasil kuisioner, seluruh peserta menyatakan puas dengan pelatihan ini dan berharap adanya program lanjutan untuk mempelajari coding lebih mendalam. Hasil ini menunjukkan bahwa pelatihan telah berhasil memperkenalkan keterampilan coding secara efektif sekaligus memotivasi guru dan orang tua untuk mengajarkan coding kepada anak-anak atau siswa mereka.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jpmik

Publisher

Subject

Computer Science & IT Decision Sciences, Operations Research & Management Environmental Science Social Sciences

Description

urnal Pengabdian Masyarakat Ilmu Komputer (JPMIK) merupakan Jurnal Nasional yang bertujuan untuk menerbitkan artikel tentang kegiatan pengabdian kepada masyarakat oleh sivitas akademika mencakup model, konsep, pelatihan, penyuluhan, sosialisasi dan implementasi terkait yang memanfaatkan keilmuan ...