PELITA-Jurnal Pendidikan dan Keguruan
Vol 3 No 1 (2025): PELITA- JURNAL PENDIDIKAN DAN KEGURUAN

Kerja Sama Orang Tua dan Guru dalam Mengatasi Problematika Peserta Didik Kelas V UPTD SPF SDN 67 Cangadi 1

Sasmir, Sasmir (Unknown)
Ahiruddin, Ahiruddin (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Jan 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengidentifikasi bentuk kerja sama antara orang tua dan guru di UPTD SPF SDN 67 Cangadi 1, 2) menganalisis problematika yang dihadapi peserta didik, dan 3) mengeksplorasi upaya untuk mengatasi problematika tersebut. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan sosiologis dan pedagogik. Sumber data meliputi data primer dari wawancara dengan wali kelas dan orang tua serta data sekunder dari dokumentasi terkait. Teknik pengumpulan data melibatkan observasi, wawancara, dan dokumentasi, yang dianalisis melalui tahapan reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kerja sama antara orang tua dan guru dilakukan dalam bentuk kunjungan rumah dan undangan ke sekolah, yang diharapkan mampu mengatasi problematika peserta didik dan memengaruhi perilaku positif di rumah maupun sekolah. Problematika yang dihadapi meliputi ketidaksungguhan dalam mengerjakan tugas, sering membantah, dan konflik antar peserta didik. Upaya yang dilakukan mencakup evaluasi pembelajaran, pembinaan manajemen waktu untuk belajar dan bermain, serta komunikasi intensif antara guru dan orang tua terkait permasalahan anak. Penelitian ini menyarankan bahwa kerja sama yang kuat antara orang tua dan guru dapat menjadi kunci dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan mengatasi problematika peserta didik di UPTD SPF SDN 67 Cangadi 1.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pelita

Publisher

Subject

Religion Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

PELITA adalah jurnal ilmiah peer review yang dikelola oleh STAI Al-Gazali Soppeng yang fokus pada pendidikan, keguruan, dan keislaman. Jurnal ini secara resmi diterbitkan dua kali dalam setahun, yakni setiap bulan Januari dan Juli. Tim pengelola jurnal mengundang para peneliti dan/atau pakar untuk ...