Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengidentifikasi bentuk kerja sama antara orang tua dan guru di UPTD SPF SDN 67 Cangadi 1, 2) menganalisis problematika yang dihadapi peserta didik, dan 3) mengeksplorasi upaya untuk mengatasi problematika tersebut. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan sosiologis dan pedagogik. Sumber data meliputi data primer dari wawancara dengan wali kelas dan orang tua serta data sekunder dari dokumentasi terkait. Teknik pengumpulan data melibatkan observasi, wawancara, dan dokumentasi, yang dianalisis melalui tahapan reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kerja sama antara orang tua dan guru dilakukan dalam bentuk kunjungan rumah dan undangan ke sekolah, yang diharapkan mampu mengatasi problematika peserta didik dan memengaruhi perilaku positif di rumah maupun sekolah. Problematika yang dihadapi meliputi ketidaksungguhan dalam mengerjakan tugas, sering membantah, dan konflik antar peserta didik. Upaya yang dilakukan mencakup evaluasi pembelajaran, pembinaan manajemen waktu untuk belajar dan bermain, serta komunikasi intensif antara guru dan orang tua terkait permasalahan anak. Penelitian ini menyarankan bahwa kerja sama yang kuat antara orang tua dan guru dapat menjadi kunci dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan mengatasi problematika peserta didik di UPTD SPF SDN 67 Cangadi 1.
Copyrights © 2025