Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah metode Role Playing dapat meningkatkan keterampilan membaca siswa kelas I SDN 001 Bangkinang. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan pada SDN 001 Bangkinang Kecamatan Bangkinang Kota Kabupaten Kampar. Subjek atau sumber data penelitian ini adalah seluruh siswa kelas I SDN 001 Bangkinang Tahun Pelajaran 2016-2017 yang berjumlah 15 orang siswa, yang terdiri dari 6 anak perempuan dan 9 anak laki-laki, dengan prosedur penelitian yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, tes, dan dokumentasi. Dan rata-rata keterampilan membaca siswa pada siklus I setelah penerapan metode role playing memperoleh nilai sebesar 73,6 dengan kategori âcukup baikâ. Selanjutnya rata-rata keterampilan membaca siswa pada siklus II meningkat yaitu 80,6 dengan kategori âBaikâ. Peningkatan persentase ketuntasan hasil belajar membaca siswa pada pra tindakan yaitu 20% atau 3 orang siswa yang tuntas, pada siklus I persentase ketuntasannya adalah sebesar 60% atau 9 orang siswa yang tuntas, dan pada siklus II persentase ketuntasannya adalah sebesar 93,3% atau 14 orang siswa yang tuntas. Selanjutnya untuk besaran peningkatan hasil belajar membaca siswa dari pra tindakan ke siklus I adalah 40%, dan dari siklus I ke siklus II sebesar 33,3%, sedangkan keterampilan membaca siswa dari pra tindakan ke siklus II secara keseluruhan sebesar 73,3%.
Copyrights © 2017