Pendidikan abad 21 menuntut guru untuk mengembangkan kompetensi, agar mampu beradaptasi dengan perkembangan teknologi dan metode pembelajaran yang baru. Salah satu upaya untuk meningkatkan kompetensi guru yaitu melalui program pengembangan profesionalisme. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. HasilĀ penelitian menunjukkan bahwa program pengembangan profesionalisme yang diterapkan di SDN Waringin telah berhasil meningkatkan kualitas pengajaran, dengan guru yang lebih kompeten dalam perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran, serta lebih mampu menciptakan lingkungan belajar yang kondusif. Selain itu, pengembangan kompetensi sosial dan kepribadian guru juga mengalami peningkatan, sehingga terciptanya hubungan yang harmonis di sekolah. Meski demikian, beberapa hambatan seperti keterbatasan anggaran, akses pelatihan yang sulit, dan kendala kebijakan menjadi tantangan dalam pelaksanaan program. Secara keseluruhan, penelitian ini menunjukkan bahwa meskipun menghadapi beberapa kendala, program pengembangan profesionalisme guru di SDN Waringin memberikan dampak positif terhadap peningkatan kompetensi dan kualitas pendidikan.
Copyrights © 2024