Fikrah : Journal of Islamic Education
Vol 8, No 2 (2024)

Program Pengembangan Profesionalisme Guru dalam Meningkatkan Kompetensi Guru di SDN Waringin Bogor

Alwi, Rahmawati (Unknown)
Latifah, Millahtu (Unknown)
Wulan, Fitri Lianda (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Jan 2025

Abstract

Pendidikan abad 21 menuntut guru untuk mengembangkan kompetensi, agar mampu beradaptasi dengan perkembangan teknologi dan metode pembelajaran yang baru. Salah satu upaya untuk meningkatkan kompetensi guru yaitu melalui program pengembangan profesionalisme. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. HasilĀ  penelitian menunjukkan bahwa program pengembangan profesionalisme yang diterapkan di SDN Waringin telah berhasil meningkatkan kualitas pengajaran, dengan guru yang lebih kompeten dalam perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran, serta lebih mampu menciptakan lingkungan belajar yang kondusif. Selain itu, pengembangan kompetensi sosial dan kepribadian guru juga mengalami peningkatan, sehingga terciptanya hubungan yang harmonis di sekolah. Meski demikian, beberapa hambatan seperti keterbatasan anggaran, akses pelatihan yang sulit, dan kendala kebijakan menjadi tantangan dalam pelaksanaan program. Secara keseluruhan, penelitian ini menunjukkan bahwa meskipun menghadapi beberapa kendala, program pengembangan profesionalisme guru di SDN Waringin memberikan dampak positif terhadap peningkatan kompetensi dan kualitas pendidikan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

fikrah

Publisher

Subject

Religion Social Sciences Other

Description

Fikrah: Journal of Islamic Education published twice a year since 2017 (June and December), is a multilingual (Bahasa and English), peer-reviewed journal, and specializes in Islamic Education. This journal is published by the Faculty of Islamic Studies, Ibn Khaldun University of Bogor, in ...