Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penerapan strategi umpan balik dalam meningkatkan fokus siswa pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di Sekolah Dasar Sleman, khususnya dalam konteks PAI yang menekankan pada pemahaman nilai-nilai agama dan pembentukan karakter. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil observasi awal yang menunjukkan adanya variasi tingkat fokus siswa selama pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang berpotensi menghambat tujuan pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Data dikumpulkan melalui observasi dan wawancara. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV di Sekolah Dasar Sleman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa umpan balik yang efektif, khususnya umpan balik verbal melalui kata-kata atau bahasa baik lisan maupun tertulis, secara signifikan meningkatkan fokus siswa selama pembelajaran PAI. Umpan balik langsung meningkatkan fokus melalui: (1) Klarifikasi Pemahaman, memberikan informasi yang jelas tentang pemahaman siswa (2) Motivasi dan Keterlibatan (3) Pengaturan Diri (4) Memperkuat pemahaman konsep-konsep penting dalam PAI. Kontribusi penelitian ini terhadap pendidikan Islam adalah ditemukannya strategi umpan balik yang efektif untuk pembelajaran PAI di sekolah dasar. Buku ini memberikan panduan bagi guru PAI untuk merancang dan menerapkan umpan balik yang meningkatkan fokus siswa, sehingga pembelajaran PAI lebih bermakna dan efektif dalam membangun karakter dan pemahaman nilai-nilai agama. Studi ini menekankan pentingnya umpan balik langsung (diberikan segera setelah tugas atau respons).
Copyrights © 2024