Tarbawi : Jurnal Pendidikan Islam
Vol 21, No 2 (2024)

Strategi Penerapan Umpan Balik Untuk Meningkatkan Fokus siswa Dalam Pembelajaran PAI di SD SLEMAN

Ummu Khairiyah Mawarni, Miftahul Janah, Dwi Wulan Sari, Muzawir Munawarsyah, (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Feb 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penerapan strategi umpan balik dalam meningkatkan fokus siswa pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di Sekolah Dasar Sleman, khususnya dalam konteks PAI yang menekankan pada pemahaman nilai-nilai agama dan pembentukan karakter. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil observasi awal yang menunjukkan adanya variasi tingkat fokus siswa selama pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang berpotensi menghambat tujuan pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Data dikumpulkan melalui observasi dan wawancara. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV di Sekolah Dasar Sleman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa umpan balik yang efektif, khususnya umpan balik verbal melalui kata-kata atau bahasa baik lisan maupun tertulis, secara signifikan meningkatkan fokus siswa selama pembelajaran PAI. Umpan balik langsung meningkatkan fokus melalui: (1) Klarifikasi Pemahaman, memberikan informasi yang jelas tentang pemahaman siswa (2) Motivasi dan Keterlibatan (3) Pengaturan Diri (4) Memperkuat pemahaman konsep-konsep penting dalam PAI. Kontribusi penelitian ini terhadap pendidikan Islam adalah ditemukannya strategi umpan balik yang efektif untuk pembelajaran PAI di sekolah dasar. Buku ini memberikan panduan bagi guru PAI untuk merancang dan menerapkan umpan balik yang meningkatkan fokus siswa, sehingga pembelajaran PAI lebih bermakna dan efektif dalam membangun karakter dan pemahaman nilai-nilai agama. Studi ini menekankan pentingnya umpan balik langsung (diberikan segera setelah tugas atau respons).

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JPIT

Publisher

Subject

Education

Description

Tarbawi : Jurnal Pendidikan Islam p-ISSN: 2088-3102; e-ISSN: 2548-415X is an journal published by the Faculty of Tarbiyah and Education Science Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara. The journal focuses its scope on the issues of Islamic education. We invite scientists, scholars, researchers, as ...