Sekolah merupakan tempat penting untuk membentuk karakter dan disiplin siswa, selain pengembangan aspek kognitif; sementara itu ditemukan kurangnya disiplin dan karakter yang perlu diperkuat di kalangan siswa MI. Pembiasaan sholat dhuha dinyatakan dapat membentuk karakter disiplin siswa, selain menumbuhkan aspek spiritual. Bimbingan pembiasaan sholat Dhuha bagi siswa Madrasah Ibtidaiyah (MI) Khoirul Huda Depok, khususnya kelas tiga, dilakukan pada Oktober 2024. Penggunaan metode Participatory Action Research (PAR) digunakan dalam kegiatan pelaksanakan salat dhuha bersama, sholat dhuha dilakukan pada saat siswa istirahat pertama, dan dibentuk kelompok kecil pada masing-masing kelas untuk pelaksanaan yang lebih efektif. Dengan kegiatan yang bertujuan meningkatkan disiplin dan pemebentukan karakter melalui kebiasaan sholat Dhuha di kalangan siswa MI, hasil menunjukkan bahwa sebagian besar siswa menunjukkan performan yang positif. Sebanyak 87% siswa yang terlibat dalam program ini melaporkan bahwa mereka merasa lebih disiplin dalam menjalani aktivitas sehari-hari, baik di sekolah maupun di rumah. Selain itu, 74% siswa juga merasakan peningkatan dalam konsentrasi belajar setelah melaksanakan sholat Dhuha secara rutin. Kebiasaan sholat Dhuha pada siswa MI perlu dipelihara dan ditingkatkan untuk mempersiapkan generasi muda yang berkarakter dan memiliki nilai-nilai spiritual. Diharapkan para siswa dapat memberikan manfaat bagi sekolah ataupun keluarga.
Copyrights © 2025