Jurnal Pendidikan Ekonomi, Akuntansi dan Kewirausahaan (JPEAKU)
Vol 4 No 2 (2024): JPEAKU (Jurnal Pendidikan Ekonomi Akuntansi Kewirausahaan)

Implementasi Program Kerja Kampus Mengajar Berbasis Digital Dalam Meningkatkan Minat Belajar dan Kemampuan Numerasi Pada Peserta Didik Kelas 5 di SD Negeri Turus

Widya Isworo, Nenchy (Unknown)
Surindra, Bayu (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Feb 2025

Abstract

Penelitian ini menunjukkan peran Program Kampus Mengajar Angkatan 7 dalam meningkatkan kemampuan melalui program kerja numerasi berbasis digital. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas 5 sejumlah 23 anak. Penelitian ini menerapkan metode kuantitatif deskriptif dengan pendekatan observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Hasil temuan observasi, faktor yang menyebabkan minat belajar numerasi (matematika) peserta didik kelas 5 rendah, yaitu peserta didik tidak tertarik dengan mata pelajaran matematika. Maka dari itu, mahasiswa Kampus Mengajar Angkatan 7 merancang program kerja numerasi berbasis digital dengan memanfaatkan platform arcademic. Peningkatan kemampuan numerasi peserta didik diukur melakui hasil pre – test dan post – test AKM numerasi. Peningkatan ini dapat dilihat dari hasil pre – test dengan persentase sebesar 48% dan dari hasil post – test dengan persentase sebesar 60%. Di samping itu, penerapan program kerja numerasi ini dapat memberikan berbagai materi ataupun konsep matematika sesuai dengan kebutuhan siswa

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jpeaku

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education

Description

JPEAKU (Jurnal Pendidikan Ekonomi Akuntansi dan Kewirausahaan) merupakan jurnal open access yang menerbitkan artikel berbasis hasil penelitian bidang keilmuan Pendidikan Ekonomi, Pendidikan Akuntansi, Pendidikan Kewirausahaan dan Ilmu Ekonomi. JPEAKU memberi kontribusi pada pemahaman, peningkatan, ...