Solidarity: Journal of Education, Society and Culture
Vol 5 No 1 (2016): SOLIDARITY

PENGGUNAAN BUKU MATERI POKOK BERBASIS ELEKTRONIK (BMPE) PADA MATERI POKOK ETNOGRAFI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN ANTROPOLOGI PADA SISWA KELAS XI BAHASA DI SMA N 1 UNGARAN

Hamdani, M. Zulfikar Said (Unknown)
Fatimah, Nurul (Unknown)
Sulaha, Adang Syamsudin (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 May 2017

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui respon guru dan siswa terhadap pembelajaran menggunakan modul elektronik materi pelajaran Etnografi di SMA N 1 Ungaran. Penelitian ini merupakan jenis penelitian "research & development" dengan menggunakan pendekatan  kualitatif dan menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi untuk mengumpulkan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan "Ncesoft Buku Balik Maker" aplikasi untuk menghasilkan modul membuat modul lebih menarik. Modul ini digunakan secara optimal oleh guru dan siswa selama pembelajaran Etnografi. Siswa memiliki kemampuan untuk mengolah dan mengembangkan pengetahuan mereka sendiri dari bahan penelitian. Siswa juga memiliki kepentingan untuk belajar karena memiliki tanggung jawab untuk dirinya sendiri untuk mendapatkan pengetahuan tentang materi. Cara belajar siswa yang sesuai pada teori belajar konstruktivisme yang diungkapkan oleh Seymour Papert.

Copyrights © 2016