Jurnal Riset Pendidikan Matematika Jakarta
Vol. 6 No. 2 (2024): Jurnal Riset Pendidikan Matematika Jakarta Volume 6, Nomor 2, Tahun 2024

Pengaruh Model Pembelajaran Connected Mathematics Project (CMP) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika pada Siswa SMP SMART Ekselensia Indonesia

Restiana, Hana (Unknown)
Wijayanti, Dwi Antari (Unknown)
Sovia, Anny (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2024

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Connected Mathematics Project (CMP) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa di SMP SMART Ekselensia Indonesia. Penelitian ini dilakukan di SMP SMART Ekselensia Indonesia untuk tahun akademik 2023/2024. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Kuasi Eksperimen dengan desain Posttest-Only Control Group. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Sampel penelitian yaitu siswa kelas VIII A dan VIII B di SMP SMART Ekselensia Indonesia. Kemampuan pemecahan masalahan matematika siswa diukur dengan instrumen penelitian berupa 5 soal uraian pada pokok bahasan peluang yang telah diuji validitas dan realibilitasnya. Hasil pengujian hipotesis menggunakan uji-t dengan taraf signifikansi α=0,05, didapatkan bahwa nilai dan sehingga , sehingga tolak . Besar pengaruh diuji menggunakan Cohen’s Effect Size dan diperoleh nilai d sebesar 1,1. Nilai tersebut termasuk ke dalam kategori large atau besar dengan besar persentase 86%. Berdasarkan hasil perhitungan, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh dari penerapan model pembelajaran model Connected Mathematics Project (CMP) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII SMP SMART Ekselensia Indonesia.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jrpmj

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Riset Pendidikan Matematika Jakarta (JRPMJ) E-ISSN:2621-4768, DOI Prefix is a peer-reviewed open-access international journal that aims to the sharing, dissemination, and discussion of current trends research results, experience, and perspectives across a wide range of mathematics education, ...