Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar (JPPSD)
Vol 4, No 3 (2025): Januari

Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemulaan Menggunakan Media Kartu Kata Bergambar Pada Siswa Kelas I UPT SPF SDN Tidung

Tiwa, Yelgrita (Unknown)
Hajerah, Hajerah (Unknown)
Usman, Usman (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Jan 2025

Abstract

Membaca permulaan merupakan Pengenalan kata, atau lambang bahasa, permulaan tekanan, tercakup dalam mata pelajaran membaca. Membaca permulaan adalah proses membaca untuk mengubah sistem tulisan sebagai representasi visual bahasa. Membaca seharusnya diajarkan sejak dini karena keterampilan atau kemampuan yang dimiliki siswa tergantung pada apa yang mereka dapatkan di kelas I. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan menggunakan media kartu kata bergambar pada siswa siswa kelas I UPT SPF SDN TIDUNG Makassar tahun ajaran 2023/2024. Hal ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan anak dalam membaca permulaan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas kolaboratif menggunakan model penelitian dari Kemmis dan Mc Taggart yang dilakukan dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi dokumentasi dan tes. Teknik analisis data dilakukan melalui deskriptif kuantitatif. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah jika persentase masing-masing indikator kemampuan membaca permulaan pada anak telah mencapai ≥80% dengan kriteria sangat baik, hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan media kartu kata bergambar dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan. Pada pelaksanaan Siklus I presentase yang dicapai sebesar 23,80%, dan pencapaian kemampuan membaca permulaan pada Siklus II sebesar 80,95%. Peningkatan dari Siklus I ke Siklus II sebesar 57,15%. Kata kunci:  Kemampuan; membaca; permulaan

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jppsd

Publisher

Subject

Education

Description

JURNAL INI MENERBITKAN HASIL PENELITIAN DALAM BIDANG PENDIDIKAN DASAR BAIK TERKAIT PEMBELAJARAN, MODEL PEMBELAJARAN, PENDEKATAN PEMBELAJARAN, STRATEGI PEMBELAJARAN, EVALUASI PEMBELAJARAN DAN METODE DALAM PEMBELAJARAN SEKOLAH ...