Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar (JPPSD)
Vol 4, No 3 (2025): Januari

Penerapan Model Pembelajaran Treasure Hunt untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas III

Asis, Susi Asnita (Unknown)
Makkasau, Andi (Unknown)
Ruriani, Ruriani (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Jan 2025

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran treasure hunt dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas III UPT SPF SDN Percontohan PAM. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas III yang berjumlah 25 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan angket. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar peserta didik setelah melakukan tindakan berupa penerapan model pembelajaran treasure hunt untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Berdasarkan hasil observasi motivasi belajar peserta didik menunjukkan bahwa pada kegiatan pra siklus peserta didik yang termotivasi hanya 44%, kemudian meningkat pada siklus I menjadi 72%, dan terjadi lagi peningkatan pada siklus II menjadi 80%. Kemudian berdasarkan hasil angket motivasi belajar peserta didik dengan menerapkan model pembelajaran treasure hunt juga menunjukkan peningkatan yang serupa yaitu pada kegiatan pra siklus peserta didik yang termotivasi hanya 48%, kemudian meningkat pada siklus I menjadi 64%, dan terjadi lagi peningkatan pada siklus II menjadi 84%.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jppsd

Publisher

Subject

Education

Description

JURNAL INI MENERBITKAN HASIL PENELITIAN DALAM BIDANG PENDIDIKAN DASAR BAIK TERKAIT PEMBELAJARAN, MODEL PEMBELAJARAN, PENDEKATAN PEMBELAJARAN, STRATEGI PEMBELAJARAN, EVALUASI PEMBELAJARAN DAN METODE DALAM PEMBELAJARAN SEKOLAH ...