Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa ranah kognitif dan psikomotorik melalui penerapan model pembelajaran Project Based Learning. Berdasarkan kasus tersebut dikembangkan suatu model dengan menggunakan model pembelajaran Project Based Learning yang bertujuan mengetahui Penerapan Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang menggunakan dua siklus dengan subjek penelitian siswa kelas IV UPT SPF SDN TIDUNG tahun ajaran 2024/2025 yang berjumlah 24 siswa, metode pengambilan data meggunakan metode angket, observasi dan tes. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa hasil belajar matematika ranah kognitif berdasarkan persentase ketuntasan belajar pra siklus, siklus I dan siklus II sebesar 20,8%; 54,2%; 91,8%. Sedangkan hasil belajar matematika ranah psikomotor berdasarkan persentase ketuntasan belajar pra siklus, siklus I dan siklus II sebesar 41.6%; 70,8%; 95,8%. Dengan demikian penerapan model Project Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa ranah kognitif dan psikomotor siswa kelas IV SD.
Copyrights © 2025