Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar (JPPSD)
Vol 4, No 3 (2025): Januari

PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN MONOPOLI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPAS KELAS IV di UPT SPF SDN PERCONTOHAN PAM

Zainuddin, Sri Rahayu (Unknown)
Amran, Muhammad (Unknown)
Nilasuarna, Naning (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Jan 2025

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan media pembelajaran monopoli dapat meningkatkan hasil belajar IPAS siswa kelas IV UPT SPF SDN Percontohan PAM. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV yang berjumlah 24 siswa dan guru wali kelas IV. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu reduksi data, mendeskripsikan data dan penarikan kesimpulan.Persentase aktivitas siswa pada siklus (cukup), sedangkan persentase pada siklus II mencapai (Baik). Perolehan hasil belajar siswa pada siklus I terdapat 15 dari 24 siswa tuntas dengan persentase ketuntasan belajar mencapai (Cukup), sedangkan pada siklus II terdapat 20 dari 24 siswa mencapai nilai tuntas dengan persentase ketuntasan belajar mencapai (Baik). Hal ini dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran monopoli dapat meningkatkan hasil belajar IPAS siswa

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jppsd

Publisher

Subject

Education

Description

JURNAL INI MENERBITKAN HASIL PENELITIAN DALAM BIDANG PENDIDIKAN DASAR BAIK TERKAIT PEMBELAJARAN, MODEL PEMBELAJARAN, PENDEKATAN PEMBELAJARAN, STRATEGI PEMBELAJARAN, EVALUASI PEMBELAJARAN DAN METODE DALAM PEMBELAJARAN SEKOLAH ...