Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan media pembelajaran monopoli dapat meningkatkan hasil belajar IPAS siswa kelas IV UPT SPF SDN Percontohan PAM. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV yang berjumlah 24 siswa dan guru wali kelas IV. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu reduksi data, mendeskripsikan data dan penarikan kesimpulan.Persentase aktivitas siswa pada siklus (cukup), sedangkan persentase pada siklus II mencapai (Baik). Perolehan hasil belajar siswa pada siklus I terdapat 15 dari 24 siswa tuntas dengan persentase ketuntasan belajar mencapai (Cukup), sedangkan pada siklus II terdapat 20 dari 24 siswa mencapai nilai tuntas dengan persentase ketuntasan belajar mencapai (Baik). Hal ini dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran monopoli dapat meningkatkan hasil belajar IPAS siswa
Copyrights © 2025