Penelitian ini berjudul “Hubungan Antara Perilaku Phubbing dengan Motivasi Belajar Pada Generasi Z Di Era Digital” Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah hubungan antara perilaku phubbing dengan motivasi belajar pada generasi Z di era digital. penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional, populasi penelitian ini adalah seluruh mahasiswa angkatan 22 Program Studi Bimbingan Penyuluhan Islam yang berjumlah 79 orang. Teknik sampling yang digunakan adalah probability sampling (random ssampling), sampel yang digunakan didalam penelitian ini sebanyak 52 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner dengan jumlah 27 pernyataan, dengan dasar pengambilan keputusan jika rHitung > rTabel maka pernyataan tersebut dinyatakan valid. Teknik analisis data menggunakan uji korelasi pearson product moment, dengan pengambilan keputusan berdasarkan pada jika nilai pearson correlation > rTabel maka terdapat hubungan diantara kedua variabel. Hasil penelitian ini menunjukkan nilai pearson correlation (0,409) > rTabel (0,279) ini maknanya terdapat hubungan antara perilaku phubbing dengan motivasi belajar pada mahasiswa Program Studi Bimbingan Penyuluhan Islam Angkatan 22 Semester 5. Penetapan hubungan tersebut diambil berdasarkan interpretasi yang berada pada interval antara 0,40-0,599. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis data dalam penelitian yang telah dilakukan bahwa didapati hubungan antara perilaku phubbing dengan motivasi belajar, hal ini dibuktikan dengan nilai dari pearson corelation (r) sebesar 0,409, maknanya hubungan antara kedua variable di tingkat “sedang”. Dalam artian masih banyak faktor lain yang mempengaruhi motivasi belajar dan perilaku phubbing hanya salah satu dari faktor tersebut, contohnya dukungan keluarga, lingkungan belajar, dan kondisi kesehatan saat belajar.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025