Jurnal Didactical Mathematics
Vol. 7 No. 1 (2025): April 2025

Analisis Pemahaman Konsep Matematis Siswa Pada Materi Bentuk Aljabar

Khairi, Annisa Ummul (Unknown)
Al Aziz, Saddam (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Jan 2025

Abstract

Pemahaman konsep matematis penting dimiliki oleh siswa karena sebelum melanjutkan ke materi yang lebih sulit. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemahaman konsep matematis siswa SMP kelas VIII pada materi bentuk aljabar. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Populasi penelitian adalah kelas VIII SMPN 1 Ampek Angkek. Sampel penelitian adalah kelas VIII di SMP Negeri 1 Ampek Angkek adalah 148 siswa SMP Negeri 1 Ampek Angkek. Sampel dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen penelitian adalah tes uraian pemahaman konsep yang terdiri dari 8 soal setiap soal mewakili setiap indikator pemahaman konsep, wawancara, dan dokumentasi. Data dari hasil penelitian berdasarkan masing-masing kategori pemahaman konsep matematis untuk kategori tinggi memiliki persentase 16%, kategori sedang memiliki persentase 66% , dan kategori rendah memiliki persentase 18%. Maka disimpulkan bahwa pemahaman konsep matematis siswa di kelas VIII SMP Negeri 1 Ampek Angkek berada di kategori sedang.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

dm

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

The scope of scientific articles that can be published in Jurnal Didactical Mathematics are as follows: Mathematics Education and Teaching, Method / Model / Strategy for Learning Mathematics, Media and Multimedia Learning Mathematics, Curriculum in Mathematics Teaching, Assessment and Evaluation in ...