Jurnal Communio: Jurnal Jurusan Ilmu Komunikasi
Vol 14 No 1 (2025): January

Optimalisasi Penggunaan SMO pada Ekonomi Digital Kalangan Entrepreneur Mahasiswa di Jakarta

Saifulloh, Muhammad (Unknown)
Putri, Citra Eka (Unknown)
Hamzah, Radja Erland (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Jan 2025

Abstract

Optimalisasi pengelolaan media sosial dengan menggunakan SMO (Social Media Optimization) menjadi kunci dalam keberhasilan ekonomi digital. Kalangan entrepreneur mahasiswa yang saat ini banyak terjun dalam ekonomi digital telah aktif menggunakan SMO melalui penggunaan website dan instagram. Penggunaan SMO untuk meningkatkan traffic sehingga produk mereka dikenal publik dan laku di pasaran. Tujuan penelitian untuk mengetahui bagaimana optimalisasi penggunaan SMO pada ekonomi digital kalangan entrepreneur mahasiswa di Jakarta. Untuk metodologi, paradigma penelitian ini mengadopsi pendekatan konstruktivisme dengan metode studi kasus. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan kajian literatur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kalangan entrepreneur mahasiswa di Jakarta menggunakan SMO dengan baik, walaupun belum semua menggunakan karena kurang memahami dengan baik cara memanfaatkannya. Pada bagian lain, penggunaan SMO belum digunakan secara konsisten sehingga terjadi perbedaan pada hasil kegiatan ekonomi digital yang mereka jalankan. Adapun simpulan penelitian ini perlu literasi digital secara berkala pada kalangan entrepreneur mahasiswa yang sudah berjalan dan bagi mereka yang akan memulai usaha ekonomi digital. Perlunya SMO guna meningkatkan mutu produk penjualan dan branding (merk) di era ekonomi digital.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JIKOM

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Jurnal Communio focuses on publishing research on contemporary topics in the field of Communication Science from various perspectives, including: 1. Mass Communication including Media and Journalism Studies 2. Public Relations and Marketing or Business Communication 3. Intercultural or ...