Penelitian ini dilatarbelakangi oleh data yang diperoleh dengan tidak adanya jumlah santri berdasarkan kategori penilaian mumtaz (sempurna) dalam kemampuan membaca kitab kuning dan didominasi dengan kategori penilaian dhoif (lemah). Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan: Seberapa besar pengaruh antara motivasi belajar terhadap kemampuan membaca kitab kuning. Antara minat belajar terhadap kemampuan membaca kitab kuning. Dan antara motivasi belajar dan minat belajar secara bersama-sama terhadap kemampuan membaca kitab kuning. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif jenis deskriptif korelasional. Responden dalam penelitian peserta didik kelas IX Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Nurul Huda Bangai. Sampel penelitian diambil secara keseluruhan dari populasi yang ada dengan jumlah 60 orang. Instrumen penelitian menggunakan angket dengan model skala Likert. Data dianalisis dengan statistik deskriptif, regresi sederhana, dan regresi berganda. Temuan penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara motivasi belajar terhadap kemampuan membaca kitab kuning dengan capaian sebesar 32,9%, (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara minat belajar terhadap kemampuan membaca kitab kuning dengan capaian sebesar 21,9%, (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara motivasi belajar dan minat belajar terhadap kemampuan membaca kitab kuning dengan capaian sebesar 33,8%.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024