Edu Research : Jurnal Penelitian Pendidikan
Vol 5 No 4 (2024): EDU RESEARCH

REPRESENTASI MOTIVASI BELAJAR FISIKA PESERTA DIDIK SEKOLAH MENENGAH ATAS

Zainal Hartoyo (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jan 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk merepresentasikan motivasi belajar fisika peserta didik Sekolah Menengah Atas. Penelitian ini menggunakan metode penelitian survei dengan tipe Cross-Sectional Survey. Sampel penelitian ini terdiri dari 247 orang peserta didik dari lima sekolah menengah atas di Kabupaten Kerinci. Data dikumpulkan dari sampel menggunakan kuesioner motivasi belajar yang terdiri atas 5 aspek yang meliputi: intrinsic motivation, self-determination, self-efficacy, career motivation, dan grade motivation. Data dianalisis menggunakan uji-t dan efect sizes. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata motivasi belajar peserta didik perempuan lebih tinggi dari motivasi belajar peserta didik laki-laki dan motivasi belajar peserta didik laki-laki berbeda secara singnifikan dibandingkan dengan motivasi peserta didik perempuan. Selain itu, didasarkan pada aspek motivasi, ada 4 aspek motivasi (Career motivation, Self-determination, Self-efficacy, dan Grade motivation) yang menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan antara motivasi belajar peserta didik laki-laki dengan peserta didik perempuan, sedangkan pada aspek intrinsic motivation tidak menunjukkan perbedaan yang signifikan. Temuan penelitian ini merekomendasikan bahwa guru fisika harus mendesain pembelajaran fisika yang dapat memotivasi peserta didik dan memanimalisir perbedaan gender.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jer

Publisher

Subject

Humanities Education Other

Description

EDU RESEARCH : Jurnal Penelitian Pendidikan merupakan jurnal yang diterbitkan oleh IICLS (Indonesian Institute for Corporate Learning and Studies), dan sebagai sarana publikasi hasil penelitian serta sharing perkembangan ilmu pengetahuan. Jurnal ini memuat artikel yang belum pernah dipublikasikan ...