Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pemahaman konsep materi pecahan campuran siswa kelas V SDN 1 Mindahan yang rendah dilihat dari nilai ulangan siswa terdapat 30 siswa yang mendapatkan nilai >70 sedangkan siswa yang mendapatkan nilai <70 hanya 17 siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas model Teams Games Tournament berbantuan media Smart Wheel (Roda Pintar)terhadap pemahaman konsep materi pecahan campuran siswa kelas V SD Negeri 1 Mindahan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan desain penelitian Pre-Experiment Design dengan jenis One-Group Pretest-Posttest Design. Analisis menggunakan uji statistik Paired Sample T-test untuk menguji signifikansi perbedaan antara kedua tes. Berdasarkan hasil penelitian, terbukti hasil belajar pretest dan posttest menggunakan model Teams Games Tournament berbantuan media Smart Wheel (Roda Pintar) terhadap pemahaman konsep materi pecahan campuran siswa. Dibuktikan hasil uji Paired Sample T-test dengan nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima dengan nilai thitung 22,238 < ttabel sebesar 2,014 yang berarti terdapat perbedaan sebelum dan sesudah diberikan perlakuan menggunakan model Teams Games Tournament berbantuan media Smart Wheel (Roda Pintar) terhadap pemahaman konsep materi pecahan campuran siswa kelas V SD Negeri 1 Mindahan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) berbantuan media Smart Wheel (Roda Pintar) efektif terhadap pemahaman konsep materi pecahan campuran kelas V SD Negeri 1 Mindahan.
Copyrights © 2024