Jurnal Pendidikan Matematika
VOLUME 11 NOMOR 1 JUNI 2024

Efektifitas Model Teams Games Tournament (TGT) Berbantuan Media Smart Wheel (Roda Pintar) Terhadap Pemahaman Konsep Materi Pecahan Campuran

Sari, Noor Laila Indah (Unknown)
Sutriyani, Wulan (Unknown)
Zomruton, Erna (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2024

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pemahaman konsep materi pecahan campuran siswa kelas V SDN 1 Mindahan yang rendah dilihat dari nilai ulangan siswa terdapat 30 siswa yang mendapatkan nilai >70 sedangkan siswa yang mendapatkan nilai <70 hanya 17 siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas model Teams Games Tournament berbantuan media Smart Wheel (Roda Pintar)terhadap pemahaman konsep materi pecahan campuran siswa kelas V SD Negeri 1 Mindahan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan desain penelitian Pre-Experiment Design dengan jenis One-Group Pretest-Posttest Design. Analisis menggunakan uji statistik Paired Sample T-test untuk menguji signifikansi perbedaan antara kedua tes. Berdasarkan hasil penelitian, terbukti hasil belajar pretest dan posttest menggunakan model Teams Games Tournament berbantuan media Smart Wheel (Roda Pintar) terhadap pemahaman konsep materi pecahan campuran siswa. Dibuktikan hasil uji Paired Sample T-test dengan nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima dengan nilai thitung 22,238 < ttabel sebesar 2,014 yang berarti terdapat perbedaan sebelum dan sesudah diberikan perlakuan menggunakan model Teams Games Tournament berbantuan media Smart Wheel (Roda Pintar) terhadap pemahaman konsep materi pecahan campuran siswa kelas V SD Negeri 1 Mindahan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Teams Games Tournament  (TGT) berbantuan media Smart Wheel (Roda Pintar) efektif terhadap pemahaman konsep materi pecahan campuran kelas V SD Negeri 1 Mindahan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jpm

Publisher

Subject

Mathematics

Description

The focus and scope of JPM: Jurnal Pendidikan Matematika include various aspects of Mathematics Education, such as research and development, quantitative and qualitative studies, experimental research, correlation and regression analysis, application of theory, critical analysis studies, and Islamic ...