Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbentuk flipbook sebagai upaya peningkatan literasi di mata pelajaran Dasar-Dasar Pengembangan Perangkat Lunak dan Gim. Berdasarkan survei awal, ditemukan bahwa 73,3 persen peserta didik SMKN 11 Malang merasa bosan dengan buku cetak konvensional yang digunakan dalam pembelajaran. Kondisi ini mendorong perlunya inovasi dalam metode pembelajaran guna meningkatkan minat baca dan pemahaman materi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan mengadopsi model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Proses penelitian dimulai dengan analisis kebutuhan peserta didik dan pengumpulan data mengenai minat literasi mereka. Selanjutnya, desain flipbook dikembangkan dengan mempertimbangkan aspek interaktivitas dan visual yang menarik. Pada tahap pengembangan, flipbook diuji coba untuk mengukur efektivitasnya dalam meningkatkan minat literasi peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan flipbook sebagai media pembelajaran dapat meningkatkan minat literasi peserta didik sebesar 81,6 persen, dibandingkan dengan kondisi sebelum flipbook digunakan. Flipbook menawarkan keunggulan desain yang lebih menarik dan interaktif, serta format yang lebih praktis dan hemat biaya karena berbasis digital dan paperless. Dengan demikian, flipbook terbukti efektif dalam mendukung proses pembelajaran dan meningkatkan literasi di kalangan peserta didik SMK
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025