UNESA Journal of Chemical Education
Vol. 14 No. 1 (2025)

PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK ELEKTRONIK (E-LKPD) BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN WEBSITE WIZER.ME PADA MATERI LAJU REAKSI

Wahyuni, Tutik Sri (Unknown)
Wahyuni, Riza Putri (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Jan 2025

Abstract

Pemilihan model pembelajaran yang tepat dan penggunaan bahan ajar elektronik seperti E-LKPD interaktif berbasis model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) memberikan sinergi dalam pelaksanaan pembelajaran yang efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) proses pengembangan E-LKPD interaktif berbasis Problem Based Learning (PBL) berbantuan Website Wizer.me pada materi laju reaksi, 2) tingkat kelayakan dari bahan ajar yang dikembangkan, dan 3) respon peserta didik terhadap bahan ajar yang dikembangkan. Penelitian ini menggunakan metode R&D dengan model 4-D Thiagarajan namun hanya sampai 3 tahap saja. Instrumen penelitian berupa lembar wawancara dan angket analisis kebutuhan, lembar validasi ahli materi dan ahli media, dan angket respon peserta didik. Validasi produk melibatkan 1 dosen pendidikan kimia dan guru kimia, sedangkan respon peserta didik melibatkan 36 peserta didik kelas XI-10 SMAN 1 Gondang Tulungagung. Analisis data dilakukan secara kuantitatif dan kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1) produk yang dikembangkan berupa E-LKPD dengan model pengembangan Thiagarajan terbatas sampai 3 tahap dengan menggunakan software  microsoft office, canva, website wizer.me sebagai penunjang, 2) E-LKPD interaktif yang dikembangkan mendapatkan persentase sebesar 90% dengan kategori sangat layak, dari ahli materi sebesar 90% dan ahli media sebesar 90%,  3) respon peserta didik didapatkan hasil sebesar 78% dengan kategori baik.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

journal-of-chemical-education

Publisher

Subject

Chemistry Computer Science & IT Education Other

Description

UNESA Journal of Chemical Education is Online Journal for communicating and reviews covering all chemical education research which published articles in three times a year by Chemistry Department, Chemical Education Study Program, Faculty of Mathematics and Natural Sciences, State University of ...