Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pengaruh supervisi akademik terhadap kompetensi, kinerja, dan komitmen guru. Penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh dari pengisian kuesioner sejumlah 113 responden guru di Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Lape Kabupaten Sumbawa. Data yang diperoleh selanjutnya diolah dengan menggunakan SEM PLS 4.1. Penelitian ini menemukan bahwa supervisi akademik berpengaruh positif terhadap peningkatan kompetensi, kinerja, dan komitmen guru di sekolah dasar Kecamatan Lape ,Sumbawa. Selain itu, komitmen guru berperan sebagai mediator yang memperkuat dampak supervisi akademik terhadap peningkatan kinerja dan kompetensi mereka. Implikasi dari penelitian ini adalah kepala sekolah perlu meningkatkan pelaksanaan supervisi akademik yang lebih terstruktur dan terarah untuk memperkuat kompetensi, kinerja, dan komitmen guru. Selain itu, penelitian ini juga menunjukkan pentingnya pengembangan program supervisi yang dapat memperkuat motivasi dan komitmen guru, karena hal ini berdampak langsung pada kualitas pengajaran dan hasil belajar siswa di sekolah dasar. Keterbatasan dari penelitian ini yaitu peneliti tidak bisa peneliti tidak dapat memberikan pendampingan langsung selama proses pengisian kuesioner, yang mengakibatkan ketidakpastian apakah jawaban yang diberikan oleh responden benar-benar mencerminkan situasi yang sesungguhnya. Selain itu, penelitian ini hanya melibatkan guru-guru yang mengajar di sekolah dasar di Kecamatan Lape Kabupaten Sumbawa. Kata Kunci: supervisi akademik, kompetensi, kinerja, dan komitmen guru.
Copyrights © 2025