Penggunaan aplikasi chatbot sebagai virtual customer service dapat membantu calon pengunjung toko online sebelum melakukan transaksi karena keterbatasan waktu dalam melayani pelanggan, manusia biasa tidak dapat menjawab pertanyaan atau melayani permintaan pelanggan setiap saat. Dengan menggunakan layanan pelanggan virtual, konsumen yang datang ke toko online dapat berbicara dengan penjual tentang barang yang mereka ingin beli. Teknologi ini sangat membantu menjawab pertanyaan dan masalah pelanggan dengan cepat dan tepat. Aplikasi chatbot menggunakan pengetahuan AIML (Artificial Intelligence Markup Language) yang dilengkapi dengan kecerdasan buatan dengan ontologi yang berbasis semantik. Aplikasi chatbot toko online yang digunakan pada penelitian ini adalah kain batik yang menjual produk batik Malang karena permintaan batik dari Malang sangat tinggi dan belum adanya toko online yang memberikan layanan dengan memanfaatkan layanan pelanggan virtual (chatbot). Pengembangan chatbot yang dilengkapi dengan semantik menggunakan ontologi untuk mengolah pertanyaan yang memiliki arti lebih spesifik, memperoleh akurasi sekitar 97% dari 15 jenis pertanyaan dan jawaban yang relevan, kemudian 10 pertanyaan yang dijawab sesuai dengan pertanyaan yang sering ditanyakan oleh calon pembeli. Penggunaan semantik menggunakan ontologi pada aplikasi layanan pelanggan virtual (chatbot) membantu dalam menjawab pertanyaan yang memiliki kata atau makna yang sama sehingga menghasilkan jawaban yang sesuai dengan pertanyaan.
Copyrights © 2024