Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kekuatan struktur sasis kendaraan kompetisi BAJA SAE menggunakan metode Finite Element Analysis (FEA). Simulasi dilakukan untuk mengukur tegangan Von Mises, deformasi total, dan faktor keamanan pada berbagai skenario pembebanan, seperti tabrak depan, tabrak belakang, tabrak samping, dan terguling. Hasil simulasi menunjukkan bahwa sasis kendaraan memiliki performa yang memadai dengan nilai tegangan Von Mises maksimal 263 MPa pada uji tabrak samping dan deformasi total terbesar sebesar 3,42 mm. Faktor keamanan (FoS) berkisar antara 2,0 hingga 5,5, mengindikasikan desain sasis yang mampu menahan berbagai beban tanpa mengalami kerusakan. Berdasarkan hasil ini, desain sasis BAJA SAE dipastikan aman, kokoh, dan memenuhi standar kompetisi. Kata kunci: Sasis BAJA SAE, Analisis Elemen Hingga, Faktor Keamanan, Tegangan Von Mises, Deformasi Total.
Copyrights © 2024