Management Analysis Journal
Vol 1 No 2 (2012): Management Analysis Journal

PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN NILAI PELANGGAN TERHADAP KEPUASAN ANGGOTA DAN CALON ANGGOTA KOPERASI SIMPAN PINJAM

Pratama, Tazauna Farisky Basit (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Nov 2012

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan nilai pelanggan terhadap kepuasan anggota dan calon anggota Kospin JASA Cabang Purwokerto baik secara parsial maupun secara simultan. Populasi dalam penelitian ini adalah anggota dan calon anggota Kospin JASA Cabang Purwokerto. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian sebanyak 96 anggota dan calon anggota, menggunakan teknik pengambilan sampling non probability sampling dengan pendekatan purposive sampling. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisis data menggunakan analisis deskriptif presentase dan analisis regresi linear berganda. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui terdapat pengaruh kualitas pelayanan dan nilai pelanggan terhadap kepuasan anggota dan calon anggota baik secara parsial maupun simultan. Berdasarkan uji t, pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan anggota dan calon anggota secara parsial diperoleh nilai 3,662, sedangkan pengaruh nilai pelanggan terhadap kepuasan anggota dan calon anggota secara parsial diperoleh nilai 5,781. Secara simultan pengaruh kualitas pelayanan dan nilai pelanggan terhadap kepuasan anggota dan calon anggota berdasarkan uji F diperoleh nilai 44,681. Penelitian ini menyimpulkan kualitas pelayanan dan nilai pelanggan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan anggota dan calon anggota Kospin JASA Cabang Purwokerto baik secara parsial maupun simultan.

Copyrights © 2012






Journal Info

Abbrev

maj

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management

Description

Management Analysis Journal (MAJ) is an open-access electronic journal focusing on scientific work on the field of business. This journal applies the theory developed from business research and connects it to actual business situations. The articles within this journal are published quarterly ...